Perhutani RPH Serang "Acir" Lahan di Kawasan Hutan Lindung Percontohan Pantai Serang Blitar


Kegiatan menanam pohon di Blitar Selatan, tepatnya di area perbukitan Pantai Serang terus berlanjut. Setelah sebelumnya diadakan kegiatan PSHT Menanam, Brofic Menanam, SYC Menanam, kini lembaga dan sejumlah organisasi kepemudaan desa turut dilibatkan untuk menanam bibit pohon di kawasan hutan lindung percontohan Pantai Serang Blitar.

Mantri Hutan Perhutani RPH Serang, Zanuar berserta tim pada Jumat pagi mempersiapkan rencana penanaman pohon yang akan digelar pertengahan Desember ini. 

Tim Perhutani RPH Serang pun melakukan penandaan tempat arah larikan yang mau ditanami (acir) di area bukit Pantai Serang bersama warga desa. Usai pengaciran, tahap berikutnya akan dilakukan pelubangan sebelum ditanami bibit pohon. 

"Kita dari pihak Perum Perhutani berusaha menginspirasi warga. Kita mengajak teman-teman penggiat lingkungan, pemuda-pemuda sekitar kawasan hutan Serang itu kita ajak nanam. Ini kan kita masih pasang acir dalam rangka persiapan. Kita acir dulu, bikin lubang, kita siapkan bibitnya nanti kita ajak teman-teman untuk menanam bersama," ujar Zanuar yang telah bertugas 5 tahun menjaga hutan wilayah Desa Serang Blitar.

Polisi Hutan wilayah Desa Serang, Zanuar menambahkan kegiatan menanam bibit pohon di kawasan hutan lindung percontohan Pantai Serang Blitar akan melibatkan banyak pihak, namun karena kondisi masih dalam masa pembatasan jumlah massa, maka hanya perwakilan lembaga/organisasi saja yang ikut serta dalam kegiatan menanam pada 15 Desember mendatang.
Tim Perhutani RPH Serang bersama warga Desa Serang melakukan pengaciran untuk menanam pohon (10/12)
Zanuar menyampaikan sejauh ini pihak yang akan ikut serta menanam antara lain, LMDH Wono Lestari, KTH Wana Mina Sentosa, Pokmaswas, PSHT, PORSIGAL, CEMPAKA PUTIH, Yayasan Karya Cipta Abisatnya, dan Caping Gunung.

Kegiatan menghijaukan bukit Pantai Serang juga rencananya akan dihadiri langsung oleh pejabat setempat, yakni Administratur Perhutani KPH Blitar, Dandim Blitar, Kadis LH Kab Blitar, Camat Panggungrejo, Kapolsek Panggungrejo, Danramil Panggungrejo, Asper Lodoyo Timur, dan Kades Serang. (DF)
Dita Faisal
Dita Faisal Mengawali karir sebagai jurnalis sejak 2008 di TVRI Nasional. Setahun kemudian bergabung menjadi jurnalis dan presenter berita di tvOne hingga 2021. Pernah meraih Fellowship hingga ke Jepang dan menjadi wartawan Istana Kepresidenan pada 2014-2015. Setelah 13 tahun menjadi jurnalis, pada pertengahan 2021 saya dan suami memutuskan pindah ke Blitar dan Wonosalam untuk lebih dekat dengan alam. Kami ingin menikmati waktu kami dengan berbagi dan bertani. It's time for #BacktoNatureBacktoVillage

Posting Komentar untuk "Perhutani RPH Serang "Acir" Lahan di Kawasan Hutan Lindung Percontohan Pantai Serang Blitar"