Top!!! Bantu Kurangi Pemanasan Global, Serang Youth Creative Tanam Ratusan Bibit Pohon


Pemanasan global kini menjadi masalah serius di seluruh di dunia. Banyak dampak yang merugikan mahluk hidup  akibat berubahnya kondisi alam. Kekeringan ekstrim, cuaca tidak menentu, dan suhu udara yang memanas kini menjadi ancaman yang menghawatirkan.

Tingginya kebutuhan hidup manusia membuat perubahan iklim tak lagi bisa dihindari. Meskipun begitu paling tidak perubahan iklim mulai bisa ditekan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan menanam pohon untuk mengmbalikan fungsi hutan. 

Menanam pohon menjadi salah satu solusi jitu untuk meminimkan peningkatan suhu bumi. Serang Youth Creative (SYC) misalnya telah melakukan penanaman ratusan bibit pohon donasi komunitas memancing Brofic di hutan lindung percontohan yang berlokasi di bukit timur Pantai Serang Minggu, 5 Desember. 

Serang Youth Creative merupakan kumpulan pemuda Desa Wisata Serang Blitar yang menekuni bidang artisan kayu dan penmbuatan konten digital.

Penanaman ratusan bibit pohon di hutan lindung percontohan ini menjadi aksi nyata sekaligus bukti kepedulian SYC untuk keberlangsungan alam.

Ketua Serang Youth Creative (SYC) mengatakan penanaman bibit pohon di hutan lindung percontohan ini nantinya tidak hanya di bukit Pantai Serang tapi juga akan dilakukan juga di lahan anggota SYC lainnya.

"Dengan adanya perubahan iklim beberapa tahun terakhir ini yang sangat signifikan, saya dan teman-teman SYC sangat resah apalagi kemarin salah satu anggota kami terdampak banjir, maka dari itu pada musim penghujan kali ini kita mulai kegiatan menanam berbagai jenis bibit pohon buah di lahan orang tua kami, untuk sedikit mengurangi pemanasan global. Bismillah kegiatan ini akan terus kita laksanakan ke beberapa lahan orang tua kami, dan semoga juga bisa memberi pengertian ke tetangga sekitar kami tentang pentingnya hutan sehingga mereka juga akan mengikuti apa yang saya dan teman-teman lakukan hari ini," Ucap Ketua SYC yang juga petani milenial, Havis Dimas.

Sementara itu Naqieb Hakimi anggota SYC yang ikut kegiatan ini mengatakan bahwa dengan adanya penanaman pohon di hutan lindung percontohan Pantai Serang Blitar bisa menjadi pemantik para pemuda desa untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

"Sudah saatnya momentum ini kita jadikan pemantik untuk peduli terhadap alam," ucap Naqieb yang sempat merasakan banjir pertengahan November lalu. 

Naqieb mengingat bahwa sebelumnya banjir pernah masuk ke rumahnya sekitar 10 tahun yang lalu dan terulang lagi pada 2021. 

Memang sudah saatnya pemuda peduli terhadap alam karena nantinya mereka juga yang akan memperoleh manfaat dari alam yang terjaga. (IR)
Impron Rosadi
Impron Rosadi Hai, saya pemuda dari Desa Wisata Serang Blitar. Punya hobi berolahraga, kini saya tengah memfokuskan diri untuk menulis dan menjadi kreator konten. Salam kenal ya.

Posting Komentar untuk " Top!!! Bantu Kurangi Pemanasan Global, Serang Youth Creative Tanam Ratusan Bibit Pohon "