Teknik Wawancara Keren Ala Servita Ramadhianti di JPI Class on The Moon

 Penulis: Sri Ayuningsih - Editor: Servita Ramadhianti


JPI Class yang berlangsung pada Senin (5/7) dimoderatori oleh Nuzulul Rahma
dan dimentori oleh Servita Ramadhianti  dengan judul “Teknik Wawancara untuk Menulis Artikel Berita” ini diawali dengan materi dasar definisi dan tujuan wawancara.

Kemudian Servita Ramadhianti atau yang kerap disapa Inyong mengungkapkan bahwa ada 3 jalan ninja dalam memperoleh data untuk peliputan berita atau artikel. Pertama, wawancara langsung yakni pewarta melakukan tanya jawab secara langsung dengan narasumber dengan waktu yang telah disepakati sebelumnya maupun tiba-tiba.

"Secara tiba-tiba ini maksudnya bukan kalian nongol di jendela kamar atau muncul kaya Jin tomang ya, tapi ketika bertemu narasumber di jalan tanpa sengaja, bisa tuh tipis-tipis cuss wawancara" tambah Servita dengan sedikit candaan.

Kedua, wawancara tidak langsung. Servita memberi petunjuk contoh teknik wawancara tidak langsung dengan mengutip lirik lagu “Aku di sini dan kau di sana, hanya berjumpa via suara…..”.

“Ya! Betul sekali, wawancara tidak langsung itu kegiatan tanya jawab yang dilakukan lewat telepon, chat, sms, video call, zoom, dll,” pungkas penulis FTV SCTV: Cinta Sehidup Se-Boba (2021) itu dalam diskusi grup WhatsApp JPI.

Ketiga, informasi bisa didapatkan melalui sumber terpercaya, misalnya buku, jurnal ilmiah, atau media terpercaya. Servita juga menambahkan untuk tidak mengambil informasi dari opini penulis lain.

Selain itu, Servita juga mengungkapkan bahwa ada 4 teknik wawancara yang dapat dilakukan untuk mempermudah mendapatkan informasi yakni menentukan tema berita atau artikel, menentukan angle atau fokus tulisan, menentukan narasumber, dan menyusun pertanyaan-pertanyaan.

Di akhir diskusi, tanpa sungkan Servita memberi kesempatan bimbingan penulisan artikel dari nol hingga siap terbit kepada sahabat JPI yang ingin menulis artikel berita. Dengan rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam, penulis ingin berterima kasih kepada Kak Servita karena sudah berbagi ilmunya.

Posting Komentar untuk "Teknik Wawancara Keren Ala Servita Ramadhianti di JPI Class on The Moon"