Dita Faisal Bagi Rahasia Menulis Berita TV vs Berita Online Pada Debut JPI Class On The Moon

Penulis: Dian Novandra    Editor: Mei Otniel

Foto: Instagram @ditafaisal_

JPI Class on The Moon merupakan program baru yang digagas oleh Endik Koeswoyo selaku pendiri komunitas Jaringan Penulis Indonesia (JPI). Kelas pelatihan menulis pertama yang resmi dimulai pada 1 Juni 2021 tersebut mengupas tentang penulisan naskah berita TV dan berita online. Kegiatan pelatihan menulis artikel berita ini menghadirkan Dita Faisal selaku pemateri.

Sang mentor yang mengawali karir sebagai jurnalis sejak 2008 tersebut menuturkan, bahwa dalam menulis naskah berita TV kita dianjurkan menggunakan bahasa yang singkat. Prinsipnya KISS (Keep It Short and Simple), tujuannya agar pemirsa semakin mudah menyerap informasi yang disampaikan.

“Mengacu pada pendapat Harold D. Laswell bahwa pesan adalah komunikasi. Menulis tanpa komunikasi sama saja menulis untuk dirimu sendiri. Padahal seharusnya kita menulis supaya orang lain jadi tahu,” papar wanita kelahiran 1 Februari 1987 itu.

Dita juga menyampaikan bahwa naskah dan gambar bergerak adalah dua hal yang berkaitan erat.

“Ketika kita berhadapan dengan audio visual maka gambar adalah dewa, narasi hanya memperkuat gambar,” lanjut presenter berita yang  mengawali karir jurnalistiknya di TVRI Nasional dan tvOne.

Menurut Dita, penulis artikel yang baik adalah mereka yang mampu mengajak orang berimajinasi. Seakan pembaca berada bersamanya hari itu.

“Galilah pertanyaan dari berbagai sumber dengan menekankan WHY dan HOW-nya. Pastikan juga kamu tidak mengarang karena ini bukanlah fiksi.” lanjut Dita mantap. 

Setelah 45 menit menyampaikan materi, Dita membuka sesi tanya jawab selama 45 menit. Peserta kelas bertanya dengan antusias dan langsung dijawab tuntas.

“Pesan saya, tulislah yang paling dekat dengan kamu. Bisa jadi yang menginspirasimu ada di depanmu,” tutup Dita.

Keseruan JPI Class on The Moon masih akan berlangsung dengan materi yang berbeda-beda setiap minggunya. Pekan depan akan ada pembahasan tentang menulis buku dan novel, dilanjutkan trik menulis skenario film dan serial televisi, dan pada pekan keempat JPI Class akan diisi dengan teknik promo dan digital marketing. Tunggu liputan kelas-kelas lainnya ya! (DN)

Posting Komentar untuk "Dita Faisal Bagi Rahasia Menulis Berita TV vs Berita Online Pada Debut JPI Class On The Moon"